Re-install Cloud Server

Sering kali ketika kita mencoba untuk mengkonfigurasi server mengalami kegagalan, kesalahan konfigurasi, atau mungkin kamu ingin mencoba-coba Sistem Operasi yang berbeda dari yang digunakan saat ini. Jika memang kamu mengalami kasus tersebut, maka hal ini dapat dilakukan dengan cara Re-Install Operating Sistem atau sering kali disebut Re-build Server. 

Fungsi dari Re-install Server ini akan membuat server yang sedang kamu gunakan seperti belum terinstall apapun, sehingga kamu dapat mulai menginstall semua kebutuhan server dari awal lagi. Dengan adanya hal ini, kamu bebas menentukan service apa yang berjalan di dalam server dan melakukan konfigurasi server sesuai kebutuhan. 

Re-build Cloud Server

1. Login dan Pilih Layanan dari Portal Area

Pertama, kamu harus masuk ke portal area untuk selanjutnya memilih layanan cloud server yang digunakan. Kamu dapat memilih melalui menu Services > My Service > Pilih layanan cloud server saat ini. 

pilih service

 

2. Pilih tools Re-build 

Selanjutnya kamu akan menemukan beberapa tools yang telah disediakan dari mulai monitoring, reboot, start, stop, shutdown, dan "Rebuild". Rebuild inilah yang akan kamu pilih untuk melakukan installasi ulang cloud server.  

3. Cari Operating Sistem yang sesuai

Setelah menekan tombol rebuild kamu akan diberikan beberapa pilihan operating sistem yang ada. Jika kamu bingung memilih operating sistem karena jumlahnya yang sangat banyak, maka dapat menggunakan fitur "Search". Setelah memilih Operatng Sistem yang sesuai, dapat menekan tombol "Rebuild" yang ada di kiri bawah.

Search

 

4. Memulai Proses Reinstall Operating Sistem

Setelah menekan tombol rebuild, maka cloud server akan masuk fase "built" (Kamu dapat meilihat status ini pada "Activity Logs"). Pada fase ini, cloud server sedang melakukan konfigurasi untuk menginstallkan operating sistem berdasarkan pilihan sebelumnya. 

 

5. Konfigurasi Selesai

Selanjutnya kamu hanya perlu menunggu konfigurasi cloud server selesai, biasnaya hal ini dibutuhkan waktu sekitar 5 menit. Untuk mengetahui cloud server telah selesai dilakukan konfigurasi, dapat melihat pada bagian "Activity Logs" sebagai berikut

 

 

6. Start Cloud Server

Setelah selesai proses konfigurasi, yang perlu di ketahui adalah cloud server masih dalam kondisi stop/mati. Selanjutnya kamu hanya perlu mengaktifkan cloud server dengan menekan tombol "Start VM" dan memeriksa kembali "Activity Logs"

 

Pada tahap ini, cloud server telah terinstall dengan operating sistem yang baru dan dapat masuk ke dalam cloud server menggunakan tools seperti putty/bitvise/shell. Untuk password cloud server masih menggunakan password semula yaitu password yang pertama kali dikirim melalui email.  

Jika kamu membutuhkan bantuan untuk installasi ulang cloud server, maka dapat menghubungi kami melalui layanan livechat atau support tiket

Was this answer helpful? 10 Users Found This Useful (10 Votes)