Mengarahkan / Redirect Non WWW ke WWW

Saat kamu mengunjungi suatu website atau mengetik secara langsung pada browser "namawebsite.com" akan tetapi secara otomatis kamu akan diarahkan menuju "www.namawebsite.com". Teknik inilah yang disebut sebagai redirection atau mengarahkan dari non www ke www.  Sebenarnya, penggunaan www ataupun non www sendiri merupakan selera seorang developer atau pemilik suatu website. Tergantung apakah kamu suka menggunakan www yang lebih familiar atau non www yang mungkin terlihat lebih ringkas. 

Bagaimana caranya? Untuk melakukan proses redirect dari non www ke www atau sebelakinya cukup mudah! Kamu hanya perlu menambahkan beberapa baris pada *.htaccess. Yuk simak tutorial berikut ini biar lebih jelas. 

 

1. Login ke cPanel

Masuk ke cPanel kamu melalui 2 cara.

  • Login ke portal.daiserver.com > My Service > Service > Pilih layanan hosting > Login to cPanel
  • Login ke www.domainkamu.com/cpanel atau www.domainkamu.com:2083 > masukkan user dan password.

2. Menuju File Manager

Setelah masuk ke cPanel, maka lakukan pencarian "File Manager" yang ada di dalam menu "Files".

3. Memunculkan File .htaccess

Jika kamu belum pernah mengubah file .htaccess, maka terlebih dahulu, kamu harus memunculkan file .htaccess melalui cara berikut ini. 

4. Mencari File .htaccess

Setelah mengaktifkan "Show Hidden FIles", selanjutnya kamu dapat mencari file .htaccess pada menu pencarian file manager.  

Selanjutnya klik "Go". Kemudian akan muncul hasil pencarian berupa pop up yang berisi detail lokasi *.htacces. Setelah menemukan file tersebut biasanya ada pada /public_html/.htaccess, maka klik 2x. Kamu akan diarahkan ke lokasi tersebut

5. Mengubah *.htaccess

  • Domain Redirect dari www ke non www
RewriteEngine On 
RewriteBase / 
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www.yourdomain.com [NC] 
RewriteRule ^(.*)$ http://yourdomain.com/$1 [L,R=301]
  • Domain Redirect dari non www ke www
RewriteEngine On 
RewriteBase / 
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^yourdomain.com [NC] 
RewriteRule ^(.*)$ https://www.%{HTTP_HOST}/$1 [L,R=301]

*Dari kedua kode tersebut, pastikan kamu mengganti kata "yourdomain.com" menjadi domain milikmu. 

Pada tahap ini, kamu sudah selesai mengarahkan website kamu dari non www ke www atau sebaliknya. Pada dasarnya penggunaan www atau non www merupakan sebuah pilihan. Hal ini tidak mempengaruhi pada kualitas SEO. Namun, bagi sebagian orang beranggapan bahwa penggunaan www dirasa lebih familiar dibandingkan penggunaan non www, walaupun jika dirasakan non www lebih mudah. 

Jika kamu belum memiliki SSL atau sudah menggunakan SSL Gratis dan ingin upgrade ke SSL berbayar, tentunya Daiserver menyediakan SSL Berbayar dengan harga yang terjangkau mulai dari 75 Rb/Tahun. Yuk, segera cek Promo SSL dan Promo Cloud Hosting sekarang! 

Was this answer helpful? 13 Users Found This Useful (0 Votes)